Judul
: Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Di TK Negeri Pembina
A.
Latar
Belakang
Penanaman sikap peduli lingungan kepada anak sejak dini
merupakan pelajaran yang sangat baik karena pada usia yang dini kita sebagai
pendidikan akan lebih mudah menanamkan kepada anak peduli terhadap lingkungan .
Lingkungan merupakan bagian dari hidup kita oleh karena itu harus kita jaga
kebersihan nya dan lestarikan bukan malah merusak. Maka dengan menanamkan
kepada anak sejak dini kita sebagai pendidik memberikan pembelajaran kepada
mereka dari lingkungan rumah mereka dulu baru lah ke lingkungan luar,
pembelajaran peduli terhadap lingkungan bisa kita mulai dari pendidikan usia
dini , dimana kita sebagai guru bisa memberikan pembelajaran mulai dari
membuang sampah pada tempat nya, merawat tanaman, dan sayang kepada binatang
karena dalam pembelajaran anak usi dini semua tema bisa kita hubungkan
dengan kegiatan yang anak anak lakukan
sehari- hari.
B.
Fokus
Penelitian
1. Bagaimana
cara guru menanamkan sikap peduli lingkungan
pada anak di TK Negeri Pembina ?
2. Bagaimana hasil
menanamkan sikap peduli lingkungan pada anak di TK Negeri Pembina ?
3. Apa
saja hambatan menanamkan sikap peduli lingkungan pada anak di TK Negeri Pembina
?
C.
Manfaat
Penelitian
1. Secara
teoritis
a. Bagi
guru pen
2. Secara
praktis
Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi antara lain
a. Pesrta
didik supaya menjadi masukan yang berguna bagi dirinya untuk kemudioa dapat diambil manfaat dan diamalkan dalam
kegiatan belajar mengajar.
b. Guru
supaya menjadi koreksi terhadap kinerjanya selama ini, apakah sudah sesuai
dengan yang diharapkan atau adakah yang masih ada yang harus perubahan motode
maupun strategi .
c. Orang
tua atau wali supaya membantu anaknya demi tercapainya cita- cita.
D.
Rencana
Alat Pengumpul Data
1. Observasi
2. wawancara
E.
Analisis
Data
1. Analisis
data adalah proses mengorganisasikan data kedalam pola, kategori, dan satuan
uraian dasar sehingga dapat ditemukan dan dapat dirumuskan hipotesis kerja
seperti yang disarankan oleh data. Analisis data penelitian kualitatif dilakukan
sejak sebelum memasuki lapangan dan setelah selesai dilapangan. Namun dalam
penelitian kualitatif analisis data difokuskan selama proses dilapangan
bersamaan dengan pengumpulan data. 1. Analisis sebelum dilapangan , analisis
ini dilakukan terhadap data hasil studi pendahuluan atau data sekunder yang
akan digunakan untuk menentukan fokus penelitian. 2. Analisis data selama
dilapangan.
a. Analisis
data dimulai dari pencanaan : perencanaan meliputi perumusan dan pembatasan
masalah serta merumuskn pertanyaan penelitian yang diarahkan pada kegiatan
pengumpulan data
b. memulai
pengumpulan data : sebelum pengumpulan data dimulai peneliti berusaha menciptakan hubungan baik ,
menumbuhkan kepercayaan serta hubungan yang akrab dengan individu dan kelompok
yang menjadi sumber data
c. pengumpulan
data dasar : setelah peneliti terpadu dengan situasi yang diteliti pengumpulan data lebih diintensifkan dengan
wawancara yang lebih mendalam , obsevasi yang lebih mendalam
d. pengumpulan
data penutup: pengumpulan terakhir setelah meninggalkan lokasi penelitian dan
tidak melakukan pengumpulan data lagi.
e. Melengkapi : langkah melengkapi merupakan
kegiatan menyempurnakan hasil analisis data dan menyusun cara menyajikannya.
F.
Alat
pengujian Kesahihan Data
1. Kesahihan
internal : peneliti kualitatif berkewajiban untuk mengungkap atau
merekonstruksi kompleksitas realitasecara hilistic sebagaimana dikontruksikan
oleh responden dengan segala bentuk saling pengaruh didalamnya.
2. Kesahihan
eksternal : peneliti kualitatif
berkewajiban untuk meneliti bagian dari luar atau faktor yang mendukung
juga dari luar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar