Rabu, 18 Juni 2014

contoh outline PAUD

Judul : Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Di TK  Negeri Pembina
A.    Latar Belakang
Penanaman  sikap peduli lingungan kepada anak sejak dini merupakan pelajaran yang sangat baik karena pada usia yang dini kita sebagai pendidikan akan lebih mudah menanamkan kepada anak peduli terhadap lingkungan . Lingkungan merupakan bagian dari hidup kita oleh karena itu harus kita jaga kebersihan nya dan lestarikan bukan malah merusak. Maka dengan menanamkan kepada anak sejak dini kita sebagai pendidik memberikan pembelajaran kepada mereka dari lingkungan rumah mereka dulu baru lah ke lingkungan luar, pembelajaran peduli terhadap lingkungan bisa kita mulai dari pendidikan usia dini , dimana kita sebagai guru bisa memberikan pembelajaran mulai dari membuang sampah pada tempat nya, merawat tanaman, dan sayang kepada binatang karena dalam pembelajaran anak usi dini semua tema bisa kita hubungkan dengan  kegiatan yang anak anak lakukan sehari- hari.

B.     Fokus Penelitian

1.      Bagaimana cara guru menanamkan  sikap peduli lingkungan pada anak di TK  Negeri Pembina ?
2.      Bagaimana  hasil  menanamkan sikap peduli lingkungan pada anak  di TK Negeri Pembina ?
3.      Apa saja hambatan menanamkan sikap peduli lingkungan pada anak di TK Negeri Pembina ?
C.    Manfaat Penelitian
1.      Secara teoritis
a.       Bagi guru pen
2.      Secara praktis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi antara lain
a.       Pesrta didik supaya menjadi masukan yang berguna bagi dirinya untuk kemudioa  dapat diambil manfaat dan diamalkan dalam kegiatan belajar mengajar.
b.      Guru supaya menjadi koreksi terhadap kinerjanya selama ini, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau adakah yang masih ada yang harus perubahan motode maupun strategi .
c.       Orang tua atau wali supaya membantu anaknya demi tercapainya cita- cita.

D.    Rencana Alat Pengumpul Data
1.      Observasi
2.      wawancara
E.     Analisis Data
1.      Analisis data adalah proses mengorganisasikan data kedalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data.  Analisis data penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan dan setelah selesai dilapangan. Namun dalam penelitian kualitatif analisis data difokuskan selama proses dilapangan bersamaan dengan pengumpulan data. 1. Analisis sebelum dilapangan , analisis ini dilakukan terhadap data hasil studi pendahuluan atau data sekunder yang akan digunakan untuk menentukan fokus penelitian. 2. Analisis data selama dilapangan.
a.       Analisis data dimulai dari pencanaan : perencanaan meliputi perumusan dan pembatasan masalah serta merumuskn pertanyaan penelitian yang diarahkan pada kegiatan pengumpulan data
b.      memulai pengumpulan data : sebelum pengumpulan data dimulai  peneliti berusaha menciptakan hubungan baik , menumbuhkan kepercayaan serta hubungan yang akrab dengan individu dan kelompok yang menjadi sumber data
c.       pengumpulan data dasar : setelah peneliti terpadu dengan situasi yang diteliti  pengumpulan data lebih diintensifkan dengan wawancara yang lebih mendalam , obsevasi yang lebih mendalam
d.      pengumpulan data penutup: pengumpulan terakhir setelah meninggalkan lokasi penelitian dan tidak melakukan pengumpulan data lagi.
e.        Melengkapi : langkah melengkapi merupakan kegiatan menyempurnakan hasil analisis data dan menyusun cara  menyajikannya.





F.     Alat pengujian Kesahihan Data
1.      Kesahihan internal : peneliti kualitatif berkewajiban untuk mengungkap atau merekonstruksi kompleksitas realitasecara hilistic sebagaimana dikontruksikan oleh responden dengan segala bentuk saling pengaruh didalamnya.

2.      Kesahihan eksternal : peneliti kualitatif  berkewajiban untuk meneliti bagian dari luar atau faktor yang mendukung juga dari luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar