RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Mata Pelajaran :Matematika
Kelas/ semester : I / I
Alokasi waktu : 35 Menit (1
kali pertemuan)
Pertemuanke :
Hari / Tanggal : Senin/ 4
November 2013
I.
STANDAR KOMPETENSI :
1. Melakukanpenjumlahandanpenguranganbilangansampai
20.
II.
KOMPETENSI DASAR :
1.4 Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganpenjumlahandanpengurangansampai 20
III.
INDIKATOR :
1.
Menggunakansifatpertukaranuntukmempermudahperhitunganpenjumlahan.
2.
Menggunakan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan
penjumlahan
3.
Menyelesaikanmasalahsehari-hari
yang berkaitandengan:
a. penjumlahanbilangansampai 20
b. pengurangan bilangansampai 20
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Denganmengamatigambarsiswadapatmenghitungbanyaknyajumlahgambaryang ada
2.
Dengantanyajawabsiswadapatmenentukanhasil penjumlahan
3.
Dengantanyajawabsiswadapatmenentukanhasilpengurangan
4.
Denganberdiskusisiswadapatmenyelesaikansoalceritatentang
:
a.
Penjumlahanbilangansampai
20
b.
Penguranganbilangansampai
20
V.
DAMPAK PENGIRING :
Diharapkansiswaberfikirkritis, logis, cermat, dantangkasdalammenyelesaikanmasalahpenjumlahandanpenguranganbilangansampai
20 di dalamkehidupansehari-hari.
VI.
URAIAN MATERI :
A.
Sifatpertukaran
Denganpertukaran
mempermudahhitunganoperasipenjumlahan.
Perhatikangambarberikut:
3 +
2 = 5 atau 2 + 3 = 5
B.
Sifat pengelompokan
Denganpengelompokkanmempermudahhitunganoperasipenjumlahan.
Perhatikangambarberikut:
3 + 2 2 + 6
5 + 6 3 + 8
Cara 1
Cara 2
I.
(3 + 2) + 6 = 5 + 6 = 11 3 + (2+6)
= 3+8 = 11
C. PenyelesaianMasalahOperasiHitung
Padamateriinimarikitabelajarmenyelesaikan masalahpenjumlahandanpenguranganbilangansampai
20.
1.
Penjumlahan
Perhatikancontohberikut:
ApelAgusada 5 buah, sedangkanapelTonoada 4 buah. Berapakahbuah apelAgusdanTono?
Pemecahannya :
Diketahui : Buah apelAgus = 5 buah
Buah apelTono = 4 buah
Ditanya: Buah apelAgusdanTono?
Penyelesaian : Penjumlahan
|
+ =
=
5
+4 = 9
2.
Pengurangan
Perhatikancontohberikut :
Ari mempunyai10 ekor anak ayam,tiga hari kemudian anak ayam Ari
mati 2 ekor karena sakit. Berapaekor kah anak ayam Ari
sekarang?
Pemecahannya
Diketahui : Anak ayam Ari10 ekor
Mati 2 ekor
Ditanya : Anak ayam Ari sekarang?
Pengerjaan : Pengurangan
10 - 2 = 8
Jadianak ayam Ari sekarang ada8 ekor
VII.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR :
A.
KegiatanAwal (5 menit)
1. Salam
2. Salah satu siswa memimpin do’a sebelum belajar
3. Guru mengabsen kehadiran siswa
4. Apersepsi : Guru
menanyakan pelajaran yang lalu yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B. KegiatanInti
1. Ekspolrasi:
Dalamkegiatanekspolrasi guru:
a.
Guru memintasiswauntukmengamatigambar.
b. Guru melibatkan siswa
dalam pendekatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.
2. Elaborasi
DalamkegiatanElaborasi:
a.
Siswaberdiskusidengantemansebangku,
memecahkanmasalah yang diberikandengancaranyasendiri.
b. Gurumemberikanbimbingan /
petunjukseperlunya, jikamasihadasiswa yang kesulitan danbelummendapatkanpenyelesaian.
3. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi
:
a. Siswaditawarkanuntukmengemukakanpendapatnyatentangpenyelesaianmasalah
yang sudahdidapat.
C. Penutup
1.
Guru membimbingsiswauntukmembuatkesimpulan.
2.
Evaluasi
3.
Refleksi
4. TindakLanjut
5. Guru
memberikantugas (pekerjaanrumah).
VIII. SUMBER DAN MEDIA
1.
Sumber
a.
BSNP.2006. KTSP Untuk SD/MI Depdiknas.Jakarta
b.
Sarman,
dkk. 2007. Cerdas Bersama Matematika. Ganeca Exact : Jakarta.
2.
Media
a.
kertaskarton
b.
bendera
c.
permen
mainan
d.
powerpoint
IX.
PENILAIAN
A.
Proses
Aspek yang dinilai :
Tabelpenilaian proses
No
|
Namasiswa
|
Aktivitas yang dinilai
|
Keterangan
|
|||
Keberanian
|
Ketelitian
|
Kebersihan
|
keaktifan
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Krteriapenilaian : A = AmatBaik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
B.
Hasil
Aspek yang dinilai : KemampuanHasilBelajar
Alat / instrument : Soal-soal
Jenis : Tertulis
Bentukpenilaian : Isian
Soal
test :
1. Andipergikewarunguntukmembeli20kuecoklat. Ketikasampaidirumahkuecoklattersebutdiberikankepadakakaknyasebanyak
3 kue. Berapakah kuecoklatAndisekarang?
2.
Ayumempunyai 4
bukutulis, sertelahpulangsekolah ayah membelikannya 12 bukutulislagi. Berapa bukutulisAyusekarang?
KunciJawaban
:
1. Jadi, kue coklat Andi sekarang 20 kue – 3 kue = 17 kue
2. Jadi, buku Ayu sekarang 4 buku + 12 buku = 16 buku
PedomanPenskoran :
No.
|
No. Soal
|
Skor
|
1.
|
1
|
50
|
2.
|
2
|
50
|
Total
|
100
|
Skor yang diperoleh :
Nilai =
Dosen Pembimbing Pontianak,
4 November 2013
Drs. Budiman Tampubolon M.Si Kelompok 1
(Eka
Puspitasari, Hariyati, Ira Widyastuti, Kusrini Caturwari, Wahyuni)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar