Rabu, 18 Juni 2014

contoh RPP Matematika 2006

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Mata Pelajaran            :Matematika
Kelas/ semester           : I / I
Alokasi waktu             : 35 Menit (1 kali  pertemuan)
Pertemuanke               :
Hari / Tanggal             : Senin/ 4 November 2013


I.              STANDAR KOMPETENSI :
1.      Melakukanpenjumlahandanpenguranganbilangansampai 20.

II.           KOMPETENSI DASAR :
1.4    Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpenjumlahandanpengurangansampai 20

III.         INDIKATOR :
1.      Menggunakansifatpertukaranuntukmempermudahperhitunganpenjumlahan.
2.      Menggunakan sifat  pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan
3.      Menyelesaikanmasalahsehari-hari yang berkaitandengan:
a.   penjumlahanbilangansampai 20
b.   pengurangan bilangansampai 20

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Denganmengamatigambarsiswadapatmenghitungbanyaknyajumlahgambaryang ada
2.      Dengantanyajawabsiswadapatmenentukanhasil penjumlahan
3.      Dengantanyajawabsiswadapatmenentukanhasilpengurangan
4.      Denganberdiskusisiswadapatmenyelesaikansoalceritatentang :
a.       Penjumlahanbilangansampai 20
b.      Penguranganbilangansampai 20

V.          DAMPAK PENGIRING :
Diharapkansiswaberfikirkritis, logis, cermat, dantangkasdalammenyelesaikanmasalahpenjumlahandanpenguranganbilangansampai 20 di dalamkehidupansehari-hari.

VI.       URAIAN MATERI :
A.    Sifatpertukaran
Denganpertukaran mempermudahhitunganoperasipenjumlahan.
      Perhatikangambarberikut:

+ = atau + =
                    3         +      2      =             5        atau     2    +    3     =   5

B.     Sifat pengelompokan
Denganpengelompokkanmempermudahhitunganoperasipenjumlahan.
      Perhatikangambarberikut:







                                                                             

                       3    +     2                                                      2      +     6
 


     5               +       6                      3    +             8

Cara 1                                                  Cara 2
I.       (3 + 2) + 6 = 5 + 6  = 11                 3 + (2+6)  = 3+8 = 11


C.     PenyelesaianMasalahOperasiHitung
Padamateriinimarikitabelajarmenyelesaikan masalahpenjumlahandanpenguranganbilangansampai 20.

1.      Penjumlahan
Perhatikancontohberikut:
ApelAgusada 5 buah, sedangkanapelTonoada 4 buah. Berapakahbuah apelAgusdanTono?

Pemecahannya :
Diketahui :            Buah apelAgus = 5 buah
                              Buah apelTono = 4 buah
Ditanya:                Buah apelAgusdanTono?
Penyelesaian    :     Penjumlahan
Jawab:

     

                                                                        +                     =         =
                                                                       



5        +4                  =             9

2.      Pengurangan
Perhatikancontohberikut :
Ari mempunyai10 ekor anak ayam,tiga hari kemudian anak ayam Ari mati 2 ekor karena sakit. Berapaekor kah anak ayam Ari sekarang?

Pemecahannya
Diketahui  :           Anak ayam Ari10 ekor
                              Mati 2 ekor
Ditanya     :           Anak ayam Ari sekarang?
Pengerjaan :           Pengurangan
Jawab
 



-        =

                                                                              

                                                10                            -           2      =                   8
Jadianak ayam Ari sekarang ada8 ekor

VII.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR :
A.    KegiatanAwal (5 menit)
1.      Salam
2.      Salah satu siswa memimpin do’a sebelum belajar
3.      Guru mengabsen kehadiran siswa
4.      Apersepsi : Guru menanyakan pelajaran yang lalu yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B.     KegiatanInti
1.      Ekspolrasi:
      Dalamkegiatanekspolrasi guru:
a.       Guru memintasiswauntukmengamatigambar.
b.      Guru melibatkan siswa dalam pendekatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.

2.      Elaborasi
DalamkegiatanElaborasi:
a.       Siswaberdiskusidengantemansebangku, memecahkanmasalah yang diberikandengancaranyasendiri.
b.      Gurumemberikanbimbingan / petunjukseperlunya, jikamasihadasiswa yang kesulitan danbelummendapatkanpenyelesaian.

3.      Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi :
a.       Siswaditawarkanuntukmengemukakanpendapatnyatentangpenyelesaianmasalah yang sudahdidapat.

C.     Penutup
1.      Guru membimbingsiswauntukmembuatkesimpulan.
2.      Evaluasi
3.      Refleksi
4.      TindakLanjut
5.      Guru memberikantugas (pekerjaanrumah).

VIII.       SUMBER DAN MEDIA
1.            Sumber
a.             BSNP.2006. KTSP Untuk SD/MI Depdiknas.Jakarta
b.            Sarman, dkk. 2007. Cerdas Bersama Matematika. Ganeca Exact : Jakarta.
2.            Media
a.             kertaskarton
b.             bendera
c.             permen mainan
d.            powerpoint

IX.             PENILAIAN
A.    Proses
Aspek yang dinilai :
Tabelpenilaian proses
No
Namasiswa
Aktivitas yang dinilai
Keterangan
Keberanian
Ketelitian
Kebersihan
keaktifan
1






2






dst







Krteriapenilaian : A = AmatBaik
                                           B = Baik
                                           C = Cukup
                                          D = Kurang

B.     Hasil
Aspek yang dinilai      : KemampuanHasilBelajar
Alat / instrument         : Soal-soal
Jenis                            : Tertulis
Bentukpenilaian          : Isian

Soal test :
1.      Andipergikewarunguntukmembeli20kuecoklat. Ketikasampaidirumahkuecoklattersebutdiberikankepadakakaknyasebanyak 3 kue. Berapakah kuecoklatAndisekarang?

2.      Ayumempunyai 4 bukutulis, sertelahpulangsekolah ayah membelikannya 12 bukutulislagi.  Berapa bukutulisAyusekarang?


KunciJawaban :

1.      Jadi, kue coklat Andi sekarang 20 kue – 3 kue = 17 kue
2.      Jadi, buku Ayu sekarang 4 buku + 12 buku = 16 buku

PedomanPenskoran :

No.
No. Soal
Skor
1.
1
50
2.
2
50
Total
100

Skor yang diperoleh :

Nilai = 
                       


Dosen Pembimbing                                         Pontianak,   4 November  2013





Drs. Budiman Tampubolon M.Si                                                     Kelompok 1
(Eka Puspitasari, Hariyati, Ira Widyastuti, Kusrini Caturwari, Wahyuni)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar